INPUT DEVICE

KUNCI
1.ASR
2.ATM
3.Bar code reader
4.CCD
5.Digiticing tablet
6.Glove
7.Headset
8.Image Scanner
9.Joy stick
10.Kamera Digital
11.Kamera Video
12.Key Board
13.Light Pen
14.MCR
15.MICR
16.Mikropon
17.Mouse
18.OSR
19.Po s
20.RFID
21.Sensor
22.Smart
23.Toch Screen
24.Touchtone
25.Trackball
26.Walker
URAIAN
1.Berikan contoh pengguna sensor ?
2.Sebutkan peranti masukan yang umum dipakai dalam virtual reality dan jelaskan kegunaan masing-masing ?
3.Biaskah image scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku sehingga biasa di edit dengan pengolah kata semacam Word ? bagaimana mekanismenya ?
Pilihan Ganda
1.Yang tidak tergolong sebagai peranti masukan berbentuk penunjuk
a)Mouse
b)Track ball
c)Touchpad
d)Touchtone
2.Peranti masukan yang umum digunakan dalam permainan dengan menggunakan computer :
a)Touchpad
b)Touch screen
c)Track ball
d)Joystick
3.Peralatan berbentuk papan yang dapat digunakan untuk membantu pemasukan data pada :
a)Digitizer
b)Touch screen
c)Joystick
d)Trac ball
4.Peranti yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk data berbentuk garis-garis yang umum terdapat pada barang di took-toko swalayan dinamakan :
a)Bar code reader
b)Magnetic card reader
c)Cash register
d)Smart card reader
5.Peranti yang digunakan untuk membaca data pada kartu cek yang mengandung tinta magnetik disebut :
a)MCR
b)MICR
c)OMR
d)OCR
6.Peranti yang dapat membaca jawaban peserta tes yang melingkari bulatan pilihan dengan pensil 2 B disebut :
a)MCR
b)MICR
c)OMR
d)OCR
7.Peranti yang dapat mengenali teks dalam suatu dokumen disebut :
a)MCR
b)MICR
c)OMR
d)OCR
8.Peranti yang disebut ATMR :
a)Touch screen
b)Touch tone
c)Sensor
d)ASR
9.Sistem yang dapat mengenali suara seseorang :
a)MICR
b)ASR
c)Sensor
d)RRID

ISIAN :
1.Sidik jari seseorang dapat dibaca dengan menggunakan peranti …..
2.Peranti penunjuk pada notebook yang berbentuk kotak datar dan pemakai dapat menggeserkan jari-jarinya ke peranti tersebut untuk memudahkan penunjuk pada layar di namakan …
3.Bisakah image scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku sehingga bisa diedit dengan pengolah kata semacam Word ? bagaimana mekanismenya ?

JAWABAN :
Kunci :
1.Peranti yang dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat
2.Peranti ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaranjenis tagihan, transfer uang.
3.Peranti yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk garis-garis yang umum terdapat pada barang di took-toko swalayan.
4.Yaitu : sebuah kamera sebagai sebuah citra optis ke ssebuah replica film atau elektronis.
5.Peranti yang dapat mengonversi gambar/foto menjadi data digital dan berbentuk seperti papan pastik electrons yang dilengkapi dengan mouse/pena elektonis.
6.Peranti yang digunakan untuk merekam jenis serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.
7.Peranti yang dipasang pada kepala, menutup mata, yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala serta menayangkan berbagai macam gambar ke mata pemakai.
8.Peranti yang dapat mengambil masukan data gambar foto, bahkan juga tulisan tangan.
9.Peranti ini digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan(digital) dengan menggunakan komputer.
10.Peranti yang memiliki sebuah sensor yang dapat mengubah sebuah citra optis ke isyarat elektrois.
11.Peranti yang dapat merekam citra yang bergerak, karena gerakan merupakan isyaratt analog. Isyarat ini perlu diubah menjadi isyarat digital oleh kartu video capture yang di pasangkan pada komputer.
12.Peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat yang dapat diproses komputer.
13.Peranti penunjuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya.
14.Kartu magnetik berbentuk seperti katu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik. Peranti ini seperti pada kartu ATM.
15.Peranti yang digunakan untuk membaca data pada kartu cek yang menmgandung tinta magnetik.
16.Perubahan variasi tekanan udara karena adanya, menjadi variasi isyarat listrik.
17.Peranti penunjuk yang pada saat ini telah banyak dipergunakan secara umum dan untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan pada layar.
18.Peranti yang dapat membaca teks dan mengonversikannya ke dalam kode digital yang nantinya diproses oleh komputer.
19.Peranti yang digunakan pada took-toko untuk memasukkan data pembelian
20.Peranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang ditempel RFID tersebut ke peranti pelacak RFID.
21.Peranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan.
22.Sebuah komponen berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung prosesi dengan keamanan yang sangat tinggi.
23.Peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka, sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan sutau perintah.
24.Peranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk memasukkan informasi atau perintah.
25.Sama dengan Mouse, untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya : jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar diperlukan penggeseran mouse. Dan pada Trackball yaitu dengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki.
26.Peranti ini digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kaki termasuk arah kaki berputar.


Uraian :
1.Contoh penggunaan sensor untuk masukan dalam rumah tangga adalah Hawkeye, yapat digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan. Selanjutnya, masukan ini dapat untuk menjalankan suatu makro yang telah anda siapkan misalnya untuk menyala-mtikan lampu secara otomatis pada saat ada orang masuk/keluar dari ruangan, bahkan mengatur AC, memutar lagu, dan lain-lain otomatis.
2.Yaitu : a. mouse (untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan pada layar)
b. keyboard (untuk memasukkan huruf atau angka ataupun kode lain ke dalam komputer).
c. image scanner (untuk merubah gambar/foto/ tulisan dari bentuk analog ke bentuk digital).
d. kamera digital (untuk mengambil gambar citra dalam keadan diam).
e. kamera video (untuk mengambil gambar citra dalam keadaan bergerak atau diam).
f. bar code reader (untuk mengimput/menghitung belanja seseorang di swalayan).
g. joystick (untuk mengendalikan aplikasi permainan dalam komputer).
3.Bisa. Yaitu dengan menggunakan perangkat lunak tertentu seperti Program Omni Page Pro (Caere Corp).
Pilihan Ganda :
1.d. Touchtone
2.d. Joystick
3.a. Digitzer
4.a. Bar code reader
5.b. MICR
6.c. OMR
7.d. OCR
8.b. Touchtone
9.b. ASR


Isian :
1.Fingerprint reader.
2.Touchpad
3.Touch screen (layar sentuh).

0 komentar:

Posting Komentar

Video Gallery

copyright @ 2011 By Eric Baco. Diberdayakan oleh Blogger.
jangan lupa d comment yauw !!